Background

GAGAL "kunci kesuksesan"


Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan. Orang-orang yang sekarang yang kita lihat memiliki usaha yang memadai serta telah menyandang gelar sebagai orang sukses, itu semua diawali dari kegagalan yang pernah mereka alami. Karena sudah menjadi suatu ketentuan bahwa gagal selalu berpasangan dengan sukses. Kesuksesan tidak akan pernah datang tanpa adanya kegagalan. Karena selama peluang untuk gagal masih ada kesempatan untuk sukses akan semakin besar. Kebanyakan orang mengatakan bahwa “Kegagalan Adalah Kesuksesan yang Tertunda”. Lain pula halnya denga Andrea Hirata yang mengatakan bahwa “Kegagalan adalah Kebodohan yang Terpelihara”. Tapi lain orang lain Andrea Hirata, bagi saya kegagalan adalah kunci kesuksesan.
            Namun semuanya kembali berpulang kepada kita, tergantung bagaimana cara kita menempatkan kegagalan itu. Apabila kita m,enempatkan kegagalan pada hal yang positif yakinlah mbahwa hasilnya pasti akan positif, dan sebaliknya apabila kita menempatkan kegagalan pada hal yang negatif maka hasilnya pasti negatif. Dalam artian kegagalan hanya akan menjadi beban bagi kita.
            Semua orang pasti tidak menginginkan semasa hidupnya di ambang kesusahan, tidak menginginkan usahanya mendekati kegagalan, bahkan mungkin kita menginginkan terlahir dari rahim Ratu Elisabet agar hidup kita tidak terbengkalai. Akan tetapi satu hal yang tidak dapat kita pungkiri bahwa segala aktivitas kita di jagat raya ini akan senantiasa dibayang-bayangi oleh kegagalan. Mario Tegu mengatakan “apabila anda takut gagal bebrarti anda takut sukses”.
            Kegagalan serupa dengan kematian, kemana dan dimanapun kita berada kematian pasti akan mendapati kita. Begitupun dengan kegagalan, profesi dan mitra usaha apapun yang kita geluti pasti akan berjumpa dengan kegagalan.
            Gagal dalam menjalani profesi dan mitra usaha yang kita geluti bukanlah penghambat untuk meraih cita-cita kita gantungkan di atas angkasa yang menjulang tinggi.  “kesuksesan tidak ditentukan tempat dimana kita berpijat, tapi kesuksesan ditentukan bagaimana kita melangkah” dalam artian kesuksesan tidak di tentukan oleh profesi yang kita lakoni akan tetapi kesuksesan ditentukan bagaimana kita menjalani profesi tersebut.
            Pada dasarnya gagal dapat menjadi kunci kesuksesan apabila kita mampu menjadikan kegagalan sebagai motivator dalam diri kita. Karena sesungguhnya pelajaran paling berharga yang dimiliki oleh seseorang yaitu pengalaman pribadi.
            Jadikanlah kegagalan sebagai tombak untuk memacu semangat agar kita mampu meraih apa yang telah kita cita-citakan selama ini. Jangan biarkan kegagalan memperdayai kita sehingga kita tidak mampu berpikir untuk melangkah ke hal yang lebih baik.
            Ingat...!!! selama bumi masih berputar pada porosnya, maka peluang untuk meraih kesuksesan itu kan tetap ada. Kerahkan semua potensi yang kita miliki serta manfaatkan segala sesuatu yang dapat anda manfaatkan pada diri anda. Karena terkadang banyak orang yang memiliki dan mengetahui sesuatu yang bermanfaat tapi mereka tidak mampu memanfaatkannya dengan baik. Maka merugilah orang-orang yang demikian.
            Seharusnya kita sebagai insan yang mampu berpikir secara rasional harus memilih dan memilah hal-hal yang perlu dan dianggap penting untuk dikerjakan. Karena terkadang seseorang mengetahui hal-hal yang perlu dihindari tapi malah mereka tidak mampu menghindarinya.
            Sebaliknya, jangan sampai kita mempersalahkan takdir sebagai penyebab kegagalan. Karena kelirulah orang yang mengingat takdir saat malapetaka melanda dan lebih keliru lagi orang yang mempersalahkan sebagai penyebab malapetaka”.
            Memang jalan hidup kita telah diatur oleh yang Maha Kuasa, tapi ingat...!!! Allah dalam firman-Nya telah mengingatkan kepada kita bahwa Aku (Allah) tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri.
            Jadi, gagal atau sukses itu ada ditangan kita masing-masing. Tergantung bagaimana kita mengarungi lika liku kehidupan apalagi didewasa ini.
            Berpikir positif terhadap kegagalan merupakan salah satu cara untuk meraih kesuksesan. Bagaimana kita mampu mengolah dan mengambil pembelajaran dari kegagalan. Karena sesungguhnya tidak ada satupun yang di ciptakan Allah dalam keadaan sia-sia.
            Kalau hari ini kita gagal, jangan menyerah dan putus asah untuk kembali mencoba dan mencoba sesuatu yang baru karena putus asah hanya akan menambah beban hidup.  Selama Kegagalan ataukah musibah merupakan pendidikan yang diberikan Allah kepada kita. Orang yang menganggap diriny telah gagal berarti dengan sendirinya dia telah memadamkan semangat yang membara yang ada pada dirinya.
            Ingat...!!! selama kita mau berusaha maka jalan untuk usaha itu akan tetap ada. Mari kta menciptakan perubahan dalam diri kita karena perubahan tersebut akan membawa kita kehal yang lebih baik.
            Melihat kondisi bangsa kita hari ini yang terus menerus dilanda musibah dan berada dalam zona keterpurukan, kita sebagai gerenasi mudah, mari kita berupaya semaksimal mungkin untuk membebasklan negeeri tercinta ini dari balutan kesengsaraan. Nasib bangsa kita kedepannya berada di pundak generasi muda hari ini. Mari kita melakukan perubahan untuk membawa bangsa ini duduk sama rendah, berdiri sama tinggi di kanca internasional. Karena pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok.
            Mudah-mudahan gagasan ini dapat membuka pikiran kita untuk berhijra kelembaran yang lebih cemerlang dari sebelumnya.
Billahi Taufiq Wal Hidayah
Assalamu Alaikum Wr. Wb

Categories: Share

1 komentar:

  1. graphite titanium babyliss pro - Titanium Arts
    Graphite Titanium man titanium bracelet Bedding in Thackerville, titanium dioxide sunscreen TX. 0 comments. power supply titanium Photo credit: Steve titanium quartz Yucatán. This is our website. guy tang titanium toner We are the largest

    BalasHapus